Waspada Penipuan dengan Modus Nomor Whatshaap Dihack

oleh -41 views
Foto : Illus (malang Times)

Banyuasin, suaralidik.com – Gara-gara pertemanan disosial media (fecebook) Suparman kades desa Sukatani kec.tanjung lago kab.Banyuasin harus memblokir no telponnya karena telah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab (hacker), Rabu (27/02/19).

Dengan memakai aplikasi via WhatsApp (wa) sang pelaku berpura-pura menanyakan kabar hingga berujung meminta sejumlah uang.

Ardi yang merupakan teman korban langsung menelpon sang kades untuk mempertanyakan perihal adanya via WhatsApp yang dikirim kepadanya.

Spontan korban yang merupakan kades ini menjawab bahwa nomor teleponnya telah dibajak orang dan itu bukan dia.

Suparman disaat dihubungi oleh awak media suaralidik.com membenarkan bahwa nomornya telah dibajak oleh orang (hacker) hal ini diketahui setelah ditelpon oleh para temannya yang menanyakan perihal adanya sang kades untuk ditransfer dengan sejumlah uang.

Berawal dari perkenalan di media sosial (Facebook)suparman menceritakan bahwa pelaku (teman FBnya)meminta nomor sang kades agar untuk chatingan melalui via WhatsApp saja.tanpa disadari sang kades,pelaku yang meminta kode 6 digit melalui pesan SMS ke handphonenya langsung diberikan tanpa adanya kecurigaan, hingga akhirnya sang pelaku memanfaatkan moment tersebut dengan meminta transfer sejumlah uang dengan alasan kartu ATM nya tertelan oleh mesin ATM kepada calon korbannya.(***adi)