Waw..! Kebun Kamtibmas Polres Selayar Berhasil Menurunkan Harga Tomat Dipasar Selayar

oleh
kebun ka

Lidik Selayar -Kebun Kamtibmas yang terletak di Kelurahan Putabangun Kec. Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar, ternyata mampu menurunkan harga tomat di pasar Selayar beberapa tahun terakhir ini, Selasa (07/02/ 2017)

Kebun Kamtibmas Polres Selayar

 

Selama ini masyarakat Selayar harus membeli tomat dengan harga Rp.13.000,-/Kg karena harus menanggung biaya transportasi dari kabupaten tetangga, namun setelah adanya produksi lokal dari Kebun Kamtibmas, harga Tomat berhasil ditekan hingga Rp.3.000,-/Kg.

Selain itu program tersebut juga mampu menyerap tenaga kerja. Kebun Kamtibmas mempekerjakan 4 orang tenaga tetap dan 10 Orang tenaga reguler yang bekerja saat musim tanam dan masa panen.

Lahan tersebut dikelola oleh Aiptu Hasan menjadi Kebun Kamtibmas dengan menanam beberapa varietas tanaman sayuran antara lain, tomat, cabai, kol, wartel dan bayam.

Aipu Hasan ketika dikonformasi, Selasa 07/02/2017 mengatakan Kebun Kamtibmas sudah berjalan sejak tahun 2014, yang dulunya dikelola di atas tanah dengan luas kurang lebih 1 Hektar di mana sebelumnya merupakan tanah nonproduktif yang berupa hutan semak dengan kondisi berbatu dan jenis tanah liat yang sulit dimanfaatkan.

Setelah berjalan kurang lebih dua tahun, saat ini Kebun Kamtibmas telah dilengkapi dengan kolam dengan sistem irigasi perpipaan, rumah petani, gudang pupuk kandang.

Kolam tersebut juga digunakan untuk tempat pembibitan dan pengembangbiakan ikan lele maupun nila.”Tuturnya

Lanjutnya, dalam satu tahun Kebun Kamtibmas memasuki masa panen hingga empat kali, dengan sistem tanam Tumpang Sari tiga tanaman yakni bayam, tomat dan cabai Saat ini sudah masa panen ke delapan untuk tanaman tomat.

Khusus tanaman tomat masa panen tahun 2017 ini sudah berlangsung kurang lebih 1 bulan dan diprediksi masih akan terus berlanjut hingga dua pekan ke depan, jumlah produksi tomat yang telah diperoleh sudah mencapai 3 ton, dengan jeda panen 3 kali seminggu. Dalam setiap panen jumlah produksi antara 5-6 Kwintal.” Tutupnya.

Bahkan, Produksi tomat Kebun Kamtibmas ini merupakan satu-satunya di Kabupaten Kepulauan Selayar yang mampu menurunkan harga tomat di tahun 2017 ini.

Editor : Adhe