Wow !! Pengusaha Asal Papua, Haji Ambo Rukka Bagi Uang Setengah Milyar di Bulukumba

oleh
Haji Ambo Rukka (55) membagi-bagikan uangnya sebesar Rp 500 Juta kepada ribuan warga di Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Kamis (15/6/17) || SUARALIDIK.com

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com — Seorang pengusaha sukses asal Jayapura, Haji Ambo Rukka (55) membagi-bagikan uangnya sebesar Rp 500 Juta kepada ribuan warga di Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

Haji Ambo Rukka (55) membagi-bagikan uangnya sebesar Rp 500 Juta kepada ribuan warga di Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Kamis (15/6/17) || SUARALIDIK.com

Pembagian Zakat tersebut berlangsung, Kamis ( 15/6/17) pukul 08.00 – 10.30 WITA dikediaman orang tua Ambo Rukka di Tanete.

Sedikitnya, 5 ribu lebih warga yang berdomisili di Tanete, tua dan muda serta fakir miskin berbaur untuk mendapatkan uang zakat tersebut.

Besaran Zakat yang diberikan pun bervariasi mulai dari Rp 50 Ribu, Rp 20 Ribu hingga Rp 10 Ribu. Nominal Sepuluh ribu rupiah di berikan kepada anak usia TK dan SD , sementara dua puluh ribu untuk pelajar tingkat SMP dan Zakat sebesar lima puluh rib rupiah diberikan kepada remaja dan orang tua.

Banyaknya warga yang ingin mendapatkan uang cuma-cuma tersebut menyebabkan panitia pembagian zakat yang merupakan keranat Ambo Rukka terpaksa meminta bantuan pengamanan dari petugas Kepolisian Polsek Bulukumpa. Warga yang telah menerima zakat pun mesti diberi tanda berupa tinta di jari tangannya agar tidak masuk kembali kedalam antrian.

Warga Tanete antre dalam pembagian Zakat Pengusaha asal Papua, Haji Ambo Rukka, Kamis (15/6/17) ||SUARALIDIK.com

Meski membludak, namun panitia mampu mengatasi antrean warga. ” Tidak ada masalah, pembagian zakat berjalan aman. Meski memang warga bertumpuk da saling berebutan, tetapi kami mampu mengendalikan dan mengaturnya supaya tertib ” jelas panitia pembagian zakat, Darwis yang akrab di sapa Pak Desa tersebut.

Haji Ambo Rukka yang dimintai tanggapan mengaku, pembagian zakat tersebut rutin dilaksanakannya setiap tahun menjelang Idul Fitri. Dan tak hanya di Bulukumba, namun di Makassar dan di Papua juga telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dari pembagian zakat tersebut untuk membantu warga miskin agar mereka merasa bahagia merayakan Idul Fitri.

Harta saya sebagian adalah milik orang lain. Makanya saya menyisihkan sebagian untuk orang miskin. Saya berharap hal ini dapat ditiru oleh pengusaha lain ” tutur Ambo Rukka. ( RED2 )