Wujudkan Anak Cerdas Literasi, SDN 1 Kayuogu Bersinergi Dengan Orang Tua Sukseskan Gerakan Literasi Sekolah

oleh
Guru, murid, dan orang tua murid SDN 1 Kayuogu dalam kegiatan seminar parenting
Photo Guru, murid, dan orang tua murid SDN 1 Kayuogu dalam kegiatan seminar parenting

Bolmut – suaralidik.com, Jum’at, 14 September 2018, Sekolah Guru Indonesia bekerjasama dengan pihak SDN 1 Kayuogu mengadakan kegiatan seminar parenting dengan tema “Membangun Sinergi Antara Sekolah Orang Tua dan Masyarakat Dalam Membentuk Anak Cerdas Literasi” yang dijelaskan langsung oleh Trainer SGI yaitu Guru Desita Erviani, M.Pd. Menurut beliau, kegiatan literasi ini akan berjalan efektif dan kondusif jika didukung dan melibatkan orang tua siswa.

Tidak lupa ada beberapa hal yang menjadi penyampaian sambutan oleh kepala SDN 1 Kayuogu yaitu, Kusno Desei, A.Ma.,Pd.
yang mengucapkan terimakasih kepada pihak SGI sudah menggerakkan dan memberdayakan Ruang ini untuk dijadikan taman baca (Reading Garden) sebagai bentuk Gerakan Literasi Sekolah.

Maka dari itu, Guru Desita menjelaskan program Literasi harus dimulai dari pendampingan orang tua siswa dirumah minimal 15 menit sekali pendampingan dalam 1 minggu sehingga orang tua mampu mengontrol perkembangan pendidikan literasi anak. Oleh karena itu, dibuatlah buku komunikasi literasi dari orang tua ke guru dan dalam seminar langsung dilakukan praktek simulasi pendampingan orang tua dan anak.

Di dalam Reading Garden ini, sudah ada fasilitas spanduk ular tangga yang dapat dijadikan media untuk anak agar bisa belajar sambil bermain dalam Reading Garden ini sehingga menumbuhkan motivasi literasi anak agar ikut aktif dalam kegiatan setiap minggunya.

Melalui gerakan literasi sekolah, dengan adanya Reading Garden ini agar diharapka mampu menstimulus siswa agar semakin cinta dengan literasi dan menambah pengetahuan mereka yang berdampak kepada kompetensi peserta didik.(***dsyt)