Wujudkan Gema Tasamara UPT Puskesmas Bontokassi Galsel Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

oleh -
Foto : Suasana Lokakarya Mini Lintas Sektor Wilayah Kerja Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Puskesmas Bontokassi Kecamatan Galesong Selatan

Takalar, Suaralidik.com – UPT Puskesmas Bontokassi Galsel Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Wilayah Kerja Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Puskesmas Bontokassi Kecamatan Galesong Selatan yang dilaksanakan Aula Kantor Kecamatan Galsel Kabupaten Takalar pada hari ini Kamis, (28/2/2019).

Turut hadir Camat Galsel yakni Amran Torada, Ketua FPG Galesong Husain Maro, Pihak Dinas Kesehatan Hajil Muhammad S.Kep.M.Kes, Kua Galsel Muh.Tahir, Pihak Polsek Galsel Muhammad Rasul dan Rahmat, Pihak Damdim 1426 Takalar Almis, Pihak Koramil Serka Ansar, Kepala Puskesmas Bontokassi dr.Radiah, Para Kepala Desa se Galsel, Tokoh Agama, Tokoh Maasyarakat, serta Kader Posyandu.

Pertemuan Tri bulanan ini adalah salah satu dari program Bupati Takalar H.Syamsari, S.Pt.MM untuk mewujudkan “Gema Tasamara”.

Camat Galesong Amran Torada mengatakan, ada beberapa persoalan yang harus di selesaikan lintas sektor mulai dari kesehatan, agama dan ketertiban masyarakat,”

Camat Galsel menambahkan, bahwa baru baru ini banyak masyarakat yang mengalami demam berdarah dan kami lakukan foging di setiap tempat yang dianggap kumuh, sehingga rata terkena yaitu anak di bawah umur 15 tahun dan juga kita harus membahas pernikahan karna tidak ada payung hukum yang jelas dan Khusus umur 16 tahun harus ada beberapa persyaratan yang di laksanakan dari BKKN dan lainnya.

Hajil Muhammad S.Kep.M.Kes, Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar memaparkan,” bahwa kita akan memonitoring terkait kader kesehatan yang ada di Desa karna banyak yang tidak melapor ke dinas kesehatan,” ungkap Hajil Muhammad

“Jangan sampai tidak ada pemberitahuan ke Dinas kami dan muncul komplain ke dinas bahwa tidak ada sk nya yang muncul serta jangan sampai muncul bahwa kenapa kader di ganti karna ini adalah titipan pertanyaan dari Ibu dr.Nilal Fausiah kepala Dinas kesehatan Kabupaten Takalar yang sekarang beliau mengikuti acara renungan kematian pahlawan Nasional Padjonga Dg Ngalle di halaman Kantor Bupati Takalar.

“kami harap kalau ada warga yang tidak memiliki Kartu KIS agar segera di sampaikan ke kepala Desa dan Camat dan saya minta tolong agar di fasilitasi warganya yang tidak memiliki kartu KIS.”ujar nya

dr. Radiah Kepala Puskesmas Bontokassi, memaparkan bahwa pertemuan lintas sektor ini dilaksanakan per triwulan, dan ini kegiatan yang rutin selalu dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Kementrian Kesehatan No.44 tentang Manejemen Puskesmas.

lanjut, Radiah mengatakan masalah kesehatan dengan masyarakat bukan hanya penyakit, tapi banyak faktor yang dapat mempengaruhi yakni faktor budaya dan lainnya.(***rey)