Wujudkan Kemandirian Pangan, HMPK Gelar Seminar Pertanian Terpadu

oleh
Seminar Pertanian Terpadu
Seminar Pertanian Terpadu di Aula Kampus AKN Sidrap, Kamis (30/12)

Sidrap,suaralidik.com – Himpunan Mahasiswa Prodi Khusus (HMPK) Akademik Komunitas Negeri (AKN) Program Studi Diluar Domisili (PDD) Sidrap menggelar Seminar Pertanian Terpadu bertempat di Aula Kampus AKN Sidrap, Kamis (30/12)

Seminar Pertanian Terpadu
Seminar Pertanian Terpadu di Aula Kampus AKN Sidrap, Kamis (30/12)

Seminar mengangkat tema ‘Meningkatkan Sumber Daya Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan’. Hadir segenap pengurus HMPK PDD Rintisan AKN Sidrap, petani, kepala desa, serta mahasiswa dari masing masing jurusan.

Staf Ahli Pemkab Sidrap, Nurzaman dalam sambutannya mengatakan seminar ini penting dalam merumuskan kebijakan khusus di Sektor Pertanian.

…Bukan hanya mendengar teori, namun ini penting untuk aplikasikan, meski sidrap adalah lumbung padi saat ini, namun itu harus tetap dikembangkan… ” ujarnya.

Bustanil selaku ketua panitia berharap agar kedepannya masyarakat kab.sidrap mempergunakan sumber daya alam dan potensi daerah dimana sidrap di kenal sebagai lumbung padi dan penghasil telur di sulsel.

mengingat masyarakat sidrap khususnya petani,masih menggantung diri pada pupuk urea (kimia),s edangkan pupuk urea berbahaya jika dipakai berlebihan,dampak negatif banyak memunculkan penyakit. padahal potensi daerah kita sektor peternakan banyak,otomatis stok kotoran ternak banyak,sedangkan kotoran ternak bisa dijadikan pupuk kompos(alami) yg tdak memiliki efek samping bagi tanaman maupun orang yang mengonsumsi tanaman tersebut.***Wandy