Yasti Hadiri Prosesi Adat ‘Podui’an Bo Poponikan Kon Komalig

oleh
Bupati Yasti menggunakan Pakaian adat kebesaran bersama Tatong Bara dan Nayodo Kurniawan
Photo : Bupati Yasti menggunakan Pakaian adat kebesaran bersama Tatong Bara dan Nayodo Kurniawan

BOLMONG, Suara lidik.com – Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, yang juga sebagai Pemangku Adat Tertinggi di Kabuapten Bolaang Mongondow (Bolmong), menghadiri pelaksanaan prosesi gelar adat Pemerintah kota (Pemkot), Podui’an Bo Poponikan Kon Komalig, yang dilaksanakan di Lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, Rabu (03/10/2017). Menariknya, dalam pelaksanaan proses tersebut, Bupati Bolmong tampak Anggun saat mengenakan pakai adat kebesaran Bolmong ‘Tapaluk’.

Bupati Bolmong hadir pada prosesi adat tersebut, juga untuk menyerahkan Tungkud sebagai lambang kepemimpinan dari Bupati yang sudah dinobatkan sebagai Kolano In Bolaang Mongondow (Pemangku adat tertinggi di Bolmong), kepada Wali kota Tatong Bara, selanjutnya juga akan menerima pakaian adat ‘Tapaluk’, sebagi pakaian kebesaran pemimpin dikota Kotamobagu. Setelahnya, Wali Kota Ir Hj Tatong Bara menyandang gelar Kolano In Kota Kotamobagu (Pemangku Adat Tertinggi di Kotamobagu). Sebelum penyerahan Tungkud, prosesi adat ini disebut Mobakid atau sidang lembaga adat yang dihadiri 4 Camat sebagai Panggulu dan lurah serta kepala desa (Sangadi) sebagai Bobato di 33 desa/kelurahan diKota Kotamobagu.

Sekadar diketahui, pelaksanaan proses adat ini dijalankan dalam rangka pemberian gelar kepada Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan oleh lembaga adat yang ada di tingkat Kecamatan dan desa se-Kotamobagu. Sementara itu, Wakil Wali kota, Nayodo Koerniawan SH bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Angki Taurina Mokoginta juga turut menggunakan baju adat Bolmong. (***Is)