Yuk! Berakhir Pekan di Puncak Donggia Bulukumba, Menawarkan Spot Alam yang Molek

oleh
Puncak Donggia, Bulukumba [Foto Ayahnya Sultan; Resource Facebook]

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Wisata alam di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan memang tak ada habisnya, setelah terkenal dengan wisata baharinya yaitu Pantai Tanjung Bira dan Pantai Apparallang, kini Kabupaten Bulukumba kembali ingin memperkenalkan wisata pegunungan Bukit Donggia yang berada di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

Jarak ke spot wisata baru andalan kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi ini tidak begitu memakan waktu lama. Hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 45 Kilometer dari pusat kota Bulukumba atau sekitar 1 jam lamanya, maka anda akan disuguhkan sebuah pemandangan lembah yang molek menyejukkan hati.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto ajak berlibur ke Puncak Donggia, Desa Kahayya, Bulukumba.

Tak mau ketinggalan, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto beberapa waktu lalu sempat meninjau puncak Doggia yang saat ini dalam tahap pembangunan dan pengembangan menuturkan bahwa destinasi wisata ini sudah menjadi salah satu prioritas Pemda Bulukumba untuk lebih dipercantik lagi namun tidak menghilangkan keasrian lokasinya. Ia mengajak siapa saja untuk berkunjung ke Puncak Donggia untuk menikmati panorama alam yang indah.

“Yang pertama yang akan kita benahi adalah akses jalan ke sini dulu dan sementara ini sudah bertahap kita lakukan supaya jumlah pengunjung bisa meningkat, selanjutnya baru akan kami diskusikan dengan dinas terkait untuk fasilitas apa yang cocok ditempatkan di sini,” ujar Tomy di Puncak Donggia, Rabu pekan lalu (11/10/17).

Puncak Donggia yang memiliki ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut (mdpl) menyajikan pemandangan alam yang indah dari gugusan perbukitan hijau dan sungai yang membelah wilayah Kabupaten Bulukumba dengan Kabupaten Sinjai. Komposisi keindahan bukit dan gunung ini yang sangat membuat banyak orang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk berswafoto.

Sementara itu Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman mengungkapkan bahwa Desa Kahayya adalah salah satu desa yang bisa dibilang adalah surga terpencil di Kabupaten Bulukumba.

“Desa kami sangat bisa menjadi desa unggulan wisata Bulukumba, Ini dikarenakan desa kami memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata,” ungkap Rahman.

Lebih lanjut Rahman, mengutarakan jika pemandangan alam pegunungan, danau Kahayya dan beberapa sungai dengan view air terjun dapat membuat desa ini maju dan bersaing atau sejajar dengan desa lain ke depannya, belum lagi soal hasil pertanian yang sangat beragam, sehingga bisa dibilang kalau Desa Kahayya adalah surga terpencilnya Bulukumba

Selain sebagai desa yang memiliki segudang wisata, Desa Kahayya juga merupakan desa penghasil cengkeh, tembakau dan kopi. Kopi Kahayya sendiri adalah salah satu hasil pertanian dan ciri khas Kabupaten Bulukumba yang sudah terkenal di kalangan penikmat kopi nasional hingga ke mancanegara. Jadi tunggu apalagi? Segera jadwalkan wisata anda beserta keluarga ke Kabupaten Bulukumba.