banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Budaya Gotong-Royong Tanam Padi Masyarakat Desa Anrang Masih Terjaga

Tradisi tanam padi secara gotong-royong masih terjaga di masyarakat dusun Mattoanging Desa Anrang

BULUKUMBA,SUARALIDIK – Musim tanam padi di Dusun Mattoanging Desa Anrang Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba baru dimulai. Terlihat, belasan kaum pria dengan jalan mundur kebelakang sembari menancapkan bibit padi untuk di tanam, Kamis 23 Juni 2022.

Sebagian masyarakat sekitar, ternyata masih memegang tradisi gotong-royong. Cara itulah yang masih melekat di masyarakat Desa Anrang khususnya di Dusun Mattoanging.

Dalam melakukan tanam padi dengan cara bergilir atau bergantian dari satu tempat ke tempat pemilik yang lain. Masyarakat dusun Mattoanging telah terbiasa bergotong royong tanpa meminta upah berupa uang.

Muh. Arsyad, salah seorang warga mengatakan, untuk menanam padi warga masih menggunakan sistem gotong-royong, dengan mengajak sanak saudara atau tetangga untuk diajak bergantian saat menanam padi.

Warga Dusun Mattoanging Desa Anrang bergotong royong menanam padi ||

“Menanam padi dengan bergotong royong merupakan sebuah tradisi turun temurun warga di dusun Mattoanging ini sebagai solidaritas para petani,” ucap Arsyad kepada kontributor suaralidik Bulukumba.

Selain itu,Arsyad menambahkan bahwasanya kegiatan menanam padi dengan gotong-royong warga di Dusun Mattoanging adalah sebagai jalan mempererat tali persaudaraan dan tetap menjalin kerukunan diantara warga. ***