Inilah Daftar Nama-Nama Pelaku Pembunuhan Alm. Syamsuddin Di Jatanras Polres Bulukumba

oleh
KKonferensi Pers
Konferensi Pers Penetapan Pelaku Penganiayaan Alm. Syamsuddin di Ruang Jatanras Polres Bulukumba di Pimpin Wakapolres Kompol Agus Khaerul, Minggu (26/03/2017).

Bulukumba, Suara Lidik – Setelah melakukan rangkaian penyidikan dan penyelidikan, terkait kasus kematian Alm. Syamsuddin, warga Desa Tibona Kecamatan Bulukumpa, pada Minggu malam lalu, di ruang Jatanras Polres Bulukumba, sudah menemui titik terang, setelah Polisi menetapkan tujuh orang tersangka.

KKonferensi Pers
Konferensi Pers Penetapan Pelaku Penganiayaan Alm. Syamsuddin di Ruang Jatanras Polres Bulukumba di Pimpin Wakapolres Kompol Agus Khaerul, Minggu (26/03/2017).

Waka Polres Bulukumba Kompol Agus Khaerul, saat  konferensi pers yang digelar di media centre Minggu, (25/03/2017) menjelaskan bahwa sesuai komitmen  Kapolres AKBP. Kurniawan Affandy, bahwa kematian Syamsuddin akan di usut hingga tuntas dan siapapun yang terlibat akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Berdasarkan hasil penyidikan dan penyelidikan yang telah dilakukan, untuk sementara sudah ada tujuh nama yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ketujuh nama tersebut masing masing RAJ , tahanan Narkoba yang saat ini  sudah P21 dan sudah dipindahkan ke Lapas. Tersangka RAJ, melakukan penganiayaan terhadap korban pada malam Minggu di ruang tahanan.

Salah satu pelaku berikutnya yang diketahui sebagai anggota Polwan yakni Bripda FIT. Bripda FIT diketahui yang melakukan pemeriksaan terhadap Alm. Syamsuddin di ruang Jatanras pada Minggu. Bripda FIT dinyatakan tersangka atas pengakuannya yang ikut memukul korban, dengan alasan saat dimintai keterangan, korban berbelit belit. Tindakan Bripda FIT sangat tidak boleh dilakukan penyidik, dan tersangka Fit diancam melanggar pasal 351 (2) (3) junto 55 dan 56″ Urai Waka Polres didampingi ketua tim penyidik kasus kematian korban AKP  Idrus.

Tersangka lainnya, adalah RAM yang juga merupakan tahanan  kasus KDRT . Selain itu, Waka Polres juga menyebutkan bahwa pelaku lain yang terlibat pada kasus penganiayaan tersebut juga melibatkan empat orang tahanan anak, masing masing Ysf Ak, Ysf Bah, Fai dan Ras.

”Dari ketuju orang yang terlibat, satu orang melakukan penganiayaan di ruang tahanan, sedangkan Bripda FIT dan lainnya melakukan penganiayaan di ruang Jatanras dengan barang bukti potongan balok, mistar/penggaris, alat selaber dan kain yang digunakan membersihkan darah korban. Kita sudah menahan ketujuh tersang” jelas Kompol Agus Khaerul.

Kompol Agus Khaerul juga menambahkan bahwa dari ketujuh orang terdangka tersebut, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain, tergantung dari perkembangan proses penyidikan.

“Kapolres AKBP Kurniawan Affandi, sudah komitmen, siapapun yang terbukti terlibat, akan diproses sesuai hukum yang berlaku.Sambil menunggu proses penyidikan selanjutnya, kami akan sampaikan jika ada tersangka baru,” janji Waka Polres.

Waka Polres juga menjelaskan, rencananya pekan depan akan dilakukan outopsi terhadap jenazah almarhum Syamsuddin, melibatkan tim dokter Forensik dari Unhas. ” Untum proses outopsi, kami bekerjasama dengan tim dokter forensik Unhas, ” jelas Agus Khaerul.