Komunitas Peduli Sungai Bulukumba Wakili Sulawesi Selatan Ikut Pemberdayaan Teknis Masyarakt Peduli Sungai

oleh -155 views
Photo : Peserta Kegiatan Kelompok Peduli Sungai

BULUKUMBA, Suaralidik. Com – Komunitas peduli sungai Bulukumba ditunjuk mewakili Sulasi Selatan dalam Kegiatan Sanggar Sungai yang diselenggarakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jeneberang, Kamis (26 -27/4/2018).

Kegiatan pemberdayaan teknis masyarakat peduli sungai itu, dilaksanakab  Makassar yang diikuti oleh 30 Peserta mewakili masing-masing 30 Komunitas Peduli Sungai Se-Sulawesi Selatan.

Photo : KPS Bulukumba

Dalam kegiatan ini, KPS Bulukumba diberi kesempatan untuk memaparkan materinya terkait kegiatan-kegiatannya dalam melestarikan sungai dan  kanal di Bulukumba.

Sayyidina Ali selaku wakil-ketua KPS Bulukumba menjadi peserta yang Mewakili KPS Bulukumba di ajang ini yang ditunjuk langsung oleh Ketua Umum KPS Bulukumba, Arsyad Ali.

Dalam presentasinya, Ali menjelaskan berbagai kegiatan yang dilaksanakannya antara lain sekolah Sungai, seminar lingkungan, penanaman pohon, pemberdayaan masyarakat sekitar kanal, konservasi sungai, sanitasi, dll. Dan juga bentuk kemitraannya bersama pemerintah dalam menjaga kelestarian sungai dan  kanal di Kab.Bulukumba.

Kegiatan Sanggar Sungai bertujuan memilih komunitas peduli sungai dan kanal yang akan mewakili Sulawesi Selatan dalam rangka pemilihan komunitas peduli sungai tingkat Nasional terbaik 2018 di Surabaya mendatang.

Panitia mengumumkan 3 Komunitas yang akan mewakili Sulawesi-Selatan, diantaranya Komunitas Peduli Sungai (KPS) Bulukumba terpilih mewakili Sulsel untuk kategori menengah (Sayyidina Ali), disusul oleh KPS Rumah Koran di kategori pemula (Jamaluddin), dan KPS Wakil Foundation di kategori Senior (Daeng Muji). Untuk diketahui, Daeng Muji adalah promotor ataupun motivator terbentuknya 30 KPS yang terdaftar di Sulsel saat ini.

Diakhir presentasinya, Ali sempat mengajak para pemerhati sungai yang hadir untuk selalu berbangga & bersemangat dalam menjaga & melestarikan sungai & lingkungan.(***iswanto/iqb)