Permudah Proses Dokumen PMI Ke Luar Negeri Secara Prosedural, BP3TKI Makassar Akan Bangun LTSA

oleh -56 views
LSTA BP3TKI
Dok : Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (Kiri) bersama Kepala BP3TKI Makassar Mohd Agus Bustami.

Pare-pare,Suaralidik.com – Upaya-upaya penempatan PMI (Pekerja Migran Indonesia) alias Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri secara prosedural terus digencarkan oleh pihak BNP2TKI melalui Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Makassar.

Selain giat melalukan sosialisasi di berbagai daerah, Pelatihan TKI Purna bersama keluarganya dan lainnya, BP3TKI Makassar kini akan akan membangun layanan terpadu satu atap (LTSA) yang rencananya akan ditempatkan di Parepare.

Pembangunan ini bekerja sama dengan Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare. Rencananya, LTSA ini akan beroperasi tahun ini. Lokasinya rencana menempati lahan P4TKI Parepare di Jalan Ahmad Yani.

Kepala BP3TKI Makassar, Mohd Agus Bustomi mengatakan awalnya LTSA akan dibangun di Makassar dan Parepare. Namun perkembangan, Parepare dinilai lebih tepat lokasinya. Selama ini, mayoritas TKI asal Sulsel lewat pintu Parepare.

Agus Bustomi juga menegaskan kalau pihaknya bersama pihak pemerintah daerah akan mendukung penuh secara tehnis.

“Pembentukan ltsp,, ini harus dijalankan oleh pihak pemda dengan sungguh-sungguh, BNP2TKI dalam hal ini BP3TKI akan mendukung penuh secara teknis…”

Ditempat yang sama, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pihaknya juga menyambut baik rencana tersebut. Pemprov akan mendukung penuh pembangunan LTSA. Baik dari sisi regulasi, administrasi dan sebagainya.

“Termasuk lahan untuk pembangunan akan dibicarakan nanti. Kami tentu jadi fasilitator,” ungkapnya.

“LTSA ini nanti lengkap. Ada Imigrasi, ada Bank, ada BPJS dan instansi terkait TKI ada di satu kantor. Jadi TKI tidak perlu kemana-mana lagi menenteng dokumen. Tuntas di satu kantor,” bebernya.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Lidik Pro Bachtiar Muslimin, berharap LTSA yang akan dibangun di kota Pare pare ini bisa menjadi salah satu solusi pencegahan pemberangkatan PMI/TKI secara Ilegal ke negara-negara tetangga terutama ke Malaysia.

“Ini salah satu ide yang luar biasa, lebih simple dan tentunya tidak banyak waktu yang dibutuhkan lagi untuk mengurus semua dokumen-dokumen calon TKI, salut buat BNP2TKI dalam hal ini BP3TKI makassar” Semangat Bachtiar M yang dikonfirmasi melalui seluler pribadinya. (***BCHT)