,

PPDI dan Lidik Pro Bulukumba Bersama Disdukcapil Kembali Berikan Pelayanan Prima Kepada Penyandang Disabilitas

oleh
Perekaman E-KTP Disabilitas Bulukumba
Gambar - Perekaman E-KTP Salah satu penyandang disabilitas Bulukumba bernama Rabiul Agusti didampingi Ketua PPDI dan Lidik Pro Bulukumba di kantor Disdukcapil Bulukumba, Senin (4/6/2018)

Bulukumba, suaralidik.Com – Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DPD Bulukumba bekerja sama dengan Lembaga Investigasi (LIDIK PRO) DPD Bulukumba dan Disdukcapil Kabupaten Bulukumba kembali memberikan pelayanan khusus kepada salah satu penyandang disabilitas.

Baca juga: Peduli Disabilitas Bulukumba Kembali Serahkan Bantuan 2 Kursi Roda di Desa Bontobulaeng

Senin (4/6/2018) Pagi sekitar pukul 10:30 wita, tampak Ketua PPDI Bulukumba Suherman Ria dan beberapa pengurus Lidik Pro mendatangi tempat tinggal penyandang disabilitas bernama Rabiul Agusti (22) yang bertempat tinggal di BTN 1 , lorong 5 , kel Loka, Kec Ujung bulu kab Bulukumba.

Rabiul Agusti yang kondisinya lumpuh total  dan tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah ini kemudian diantar langsung ke kantor Disdukcapil Bulukumba untuk melakukan perekaman menggunakan kendaraan roda empat milik keluarga.

Pelayanan prima dari staff Disdukcapil mulai tampak ketika Rabiul Agusti sampai di depan kantor.  Tanpa menunggu lama atau melalui antrian, penyadang disabilitas disambut langsung staff Disdukcapil dan dibimbing masuk ke ruang perekaman.

Perekaman E-KTP Disabilitas Bulukumba
Gambar – Perekaman E-KTP Rabiul Agusti di kantor Disdukcapil Bulukumba, Senin Senin (4/6/2018)

Perekaman E-KTP terhadap Rabiul Agusti berawal dari hasil konsultasi Ibu Hasmi (56) kepada salah satu salah satu pengurus Lidik Pro yang berharap kelengkapan administrasi dan identitas anaknya bisa terpenuhi.

Hasmi menjelaskan kalau waktu itu datang seorang lelaki bertamu di rumahnya bernama Adnank yang tak lain salah satu anggota Lidik Pro, hasil bincang-bincang seputar Rabiul Agusti, Adnank kemudian menyarankannya agar  segera dilakukan perekaman untuk kelengkapan identitas karena sangat diperlukan pada semua bentuk pelayanan publik misalnya BPJS dan lainnya.

“awalnya ketemu dengan anggota Lidik Pro bernama Adnank itu, kemudian disarankan agar segera melakukan kepengurusan akta kelahiran, KK dan KTP anakku itu , tak lama kemudian seperti hari ini, tiba-tiba mereka datang kembali dan mengantar anak saya ke kantor Disdukcapil ini” Ungkap Hasmi dengan rasa haru dan syukur.

Sementara itu,  Andank yang mengaku baru saja bergabung di Lembaga Lidik Pro juga menjelaskan hal yang sama. Ia juga berterima kasih kepada pihak Disdukcapil Bulukumba yang sudah memberikan pelayanan super prima kepada penyandang disabilitas yang diurusnya itu.

Andank yang rencannya akan ditempatkan di Lidik Pro DPD Kolaka ini juga sempat mengungkapkan niatnya untuk menerapkan program kerja sosial Lidik Pro di Kolaka.

” dari berbagai pengalaman yang saya dapatkan, Alhamdulilah saya bisa merasakan berbuat untuk masyarakat walau bagi saya itu belum seberapa pengalaman hal ini akan saya bawa di Kabupaten Kolaka, karena saya adalah pengurus Lidik Pro di Kabupaten Kolaka. Alhamdulillah ini pun juga berkat petunjuk ketua disabilitas Suherman Ria yang memberikan bimbingan cara proses di disdukcapil untuk penyandang disabilitas” Ucap Andank

Suherman Ria selaku ketua PPDI Bulukumba yang ditemui langsung oleh suaralidk.com mengemukakan “bahwa hari ini saya mengucapkan banyak terima kasih terhadap pelayanan disdukcapil yang tak henti-hentinya memberikan pelayanan yang cepat dan prioritas terhadap penyandang disabilitas tanpa mengikuti proses antrian bahkan sampai pelayanan pengantaran Di depan pintu kantor disduk capil” tutup Suherman. (***Anto)