banner 728x250

Terkendala Jaringan, Tim Relawan SDGs Desa Balang Butung Input Data di Desa Barugaia

  • Bagikan
Tim SDGs Desa Balang Butung melakukan penginfutan Data
Tim SDGs desa Balang Butung melakukan penginputan data di desa Barugaia, Rabu (26/05)||

suaralidik.com, Selayar – Meskipun terkendala masalah jaringan telekomunikasi dan keadaan geografis, namun Tim relawan SDGs Desa Balang Butung Kecamatan Buki Kepulauan Selayar mengambil opsi melakukan penginputan data SDGs ke desa lain.

Keadaan geografis Desa Balang Butung yang berada pada daerah perbukitan dengan jarak lebih 30 KM dari Kota Benteng Selayar.

banner 728x250

Ini mendapatkan rintangan kesulitan jaringan telekomunikasi atau internet.

Namun demikian, Tim Relawan SDGs Desa Balang Butung dituntut untuk dapat menyelesaikan Pemutakhiran Data SDGs selesai tepat waktu.

Mereka dituntut menyelesaikan pengifutan dan pemutakhiran data paling tidak sampai tanggal 30 Mei 2021 mendatang.

Pada Rabu (26/05) tampak tim relawan SDGs melakukan penginfutan dan pemutakhiran data melalui aplikasi android SDGs Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi versi 1.8 di Desa Barugaia,.

Mereka berkativitas di kediaman mertua Ketua Tim Relawan SDGs Desa Balang Butung, Hasan Basri, S.E pada pukul 09.00 WITA -17.30 WITA.

Kades Balang Butung Dampingi Langsung Tim Relawan

Pendampingan langsung oleh Kepala Desa Balang Butung Muslimin, sementara pendamping Lokal Desa Hairuddin menjadi langkah awal yang baik sebagai bentuk keseriusan pemerintah desa terhadap pemutakhiran data SDGs.

Muslimin menilai, pendampingan langsung mampu memotivasi sekaligus memberikan arahan tim relawan SDGs dalam proses penginfutan.

Kades aktivis Lidik Pro itu menilai pentingnya pemutakhiran data IDM berbasis SDGs bagi desa dan jaringan telekomunikasi bukanlah penghalang untuk bekerja.

“Begitu pun desa lain, terus terpacu untuk menyelesaikan pemutakhiran data SDGs, soal jaringan internet tidak menjadi rintangan. jaringan telekomunikasi adalah sebuah masalah yang penting kita mau bekerja pasti ada solusi,” harapnya.

Pendamping Lokal Tim

Selain kepala Desa, terdapat juga pendamping lokal bernama Hairuddin,

Pendataan untuk SDGs desa menjadi acuan dasar dalam membangun desa lebih maju dan mandiri.

Selain itu, data SDGs akan memudahkan masyarakat mengambil keputusan ketika menggelar musrembang desa guna membangun desanya.

Penginputan dan pemutakhiran data SDGs tidak lepas atas support dan kerja sama Hasan Basri.

Selaku ketua Tim Relawan, Ia menyediakan Smartphone bagi tim relawan lantran Smartphone mereka memiliki kapasitas RAM yang rendah.

“Sehingga kita mengambil opsi untuk penginputan data. bekerja di rumah mertua meskipun jauh dari desa Balang Butung yang penting kita semua dapat bekerjasama dan mempunyai rasa tanggungjawab untuk menyelesaikan pemutakhiran data sampai selesai,” semangat Hasan Basri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *