banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Tak Berkategori  

Edukasi & Literasi Keuangan Pekerja Migran, BP2MI Makassar Gandeng Pegadaian dan BPJS Ketenagakerjaan

edukasi dan literasi keuangan pekerja migran indonesia

Bulukumba, suaralidik.com – Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI) UPT Makassar bersama dengan Lidik Pro DPD Kabupaten Bulukumba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) khusus Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan topik edukasi dan literasi keuangan pekerja migran di gedung pertemuan sekretariat pembantu DPN Lidik Pro di Kabupaten Bulukumba, Sulsel pada Kamis (3/4/2020).

Baca Juga : Difasilitasi Lidik Pro dan BP2MI, 50 CPMI di Bulukumba Ikuti Life Zoom Membangun Sinergi,Lindungi PMI

banner 728x250

Kepala BP2MI UPT Makassar Moch Agus Bustami melalui Kepala Seksi Perlindungan PMI UPT Makassar Purworini Indah Setyasih, S.Sos, M.Si mengatakan, PMI harus memiliki perencanaan dan manajemen keuangan yang baik dengan memanfaatkan hasil bekerja selama di luar negeri.

“Betapa pentingnya pahlawan devisa, oleh karenanya gunakan kesempatan bekerja di luar negeri dengan sebaik-baiknya,” ujar Purworini Indah Setyasih yang akrab disapa Ibu Rini, Kamis (3/12).

” Sebanyak 50 CPMI dan PMI hadir memenuhi undangan tanpa mengidahkan protokol kesehatan , mereka diberikan edukasi langsung seputar kesehatan dan keuangan, Khusus pemateri, Kami bersama Lidik Pro menghadirkan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan serta pegadaian cabang kabupaten Bulukumba” sambungnya.

Literasi Keuangan PMI oleh Pegadaian Area Bantaeng

Pegadaian area Bantaeng- Tabungan emas untuk PMI ( pekerja migran)
Peneyerahan buku tabungan emas untuk PMI

Materi literasi keuangan pekerja migran dibawakan langsung Marketing Eksekutif Pegadaiaan Area Bantaeng Muh Natas Umar yang didampingi Fratiwi A (Sales Channel) dari PT Pegadaian (Persero) Area Bantaeng meliputi Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Watampone, Bontobahari, Selayar, dan Syariah Ujungbulu

Pihaknya banyak mengemukan tentang investasi pekerja migran melalui tabungan emas pegadaian yang sangat aman dan menguntungkan bagi pekerja migran.

Layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan yang memudahkan pekerja migran maupun masyarakat untuk berinvestiasi emas secara aman dan menguntungkan.

“Ini sangat terjangkau, bisa dicetak atau dicashka serta bisa Top UP dan Buayback, bisa investasi emas mulai dari 10ribu rupiah dan mudah juga dicairkan tentunya,” jelas Natas.

Pantuan langsung media, Usai membawakan materi, pegadaian langsung membuatkan rekening 50 CPMI dan PMI.

Edukasi Kesehatan Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba untuk Pekerja migran (PMI)

Sementara itu, dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba, CPMI dan PMI banyak mendapatkan edukasi manfaat dan dasar hukum implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi PMI serta mekanisme dan Iuran.

Program Jaminan sosial bagi CPMI/PMI terdiri dari:

  • a) Program yang wajib untuk diikuti yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).
  • b) Program yang dianjurkan (sukarela) untuk diikuti yaitu Jaminan Hari Tua (JHT).

Materi ini diuraikan langsung Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bulukumba Muliyati Nasrun.

Selain itu, Muliyati memaparkan syarat pendaftaran, besaran iuran serta skema perlindungan BPJS masa sebelum bekerja, masa selama bekerja dan masa setelah bekerja. (*BCHT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.