Kekurangan Air Bersih Dari PDAM, Ini Cerita Warga Kelurahan Ela-ela Bulukumba

oleh
Dok : Kekurangan air bersih dari PDAM Bulukumba
Dok : Kekurangan air bersih dari PDAM Bulukumba

Bulukumba,suaralidik.com – Warga kelurahan Ela-ela kecamatan Ujung bulu mulai diresahkan dengan kekurangan air bersih dari PDAM Bulukumba.

Pasalnya, air bersih dari pipa PDAM sudah lebih sebulan tidak mengalir sementara tangki penampungan milik warga pun sudah pada kosong dan parahnya lagi sumur air yang diandalkan terasa asin dan tidak bisa digunakan untuk mandi dan mencuci pakaian.

Liputan langsung suaralidik.com, warga kelurahan ela-ela yang tersebar disekitar pesisir laut ini pada umumnya mengandalkan air bersih dari PDAM lantaran air sumur yang asin dan sedikit berbau.

Salah satu Ibu rumah tangga berinisial HRNT yang ditemui langsung di Jln Dato tiro menjelaskan, sebelumnya Air PDAM tidak mengalir selama 3 bulan dengan alasan ada proyek pengerjaan aspal di sepanjang jalan Dato tiro dan pipa-pipa PDAM pun ikut terganggu karena ada galian disamping aspal.

“kita ini pernah tidak menikmati air bersih dari PDAM pada akhir tahun 2017 selama 3 bulan, tapi waktu itu memang ada pengerjaan aspal jadi maklumjiki, tapi sekarang apa seng alasannya PDAM itu?” kesalnya kepada media.

Lebih lanjut dikatakannya kalau air PDAM sempat mengalir dengan baik setelahnya tetapi kembali tidak lancar mulai akhir bulan januari 2018 dan sampai sekarang sudah tidak ada sama sekali.

Sementara itu, Ibu RTN (36) warga Jln kerung-kerung yang ditemui di rumahnya ikut berkomentar jika dirinya terpaksa membeli air galon setiap harinya untuk digunakan mandi dan air minum, sementara untuk cuci pakaian terpaksa menumpang di sumur tetangga yang jaraknya cukup jauh.

“air PDAM sudah lama tidak mengalir,jangankan musim kemarau, musim hujan saja masih saja tidak mengalir, jadi terpaksa kita beli air galong setiap hari, kadang beli 3-5 galong dipakai buat mandi dan kebutuhan lainnya” kesalnya.

Informasi yang dihimpun, beberapa warga yang sudah mulai resah dengan pelayanan air bersih ini sudah pernah mendatangai kantor PDAM Bulukumba dan menerima penjelasan jika sedang ada perbaikan pompa air karena tidak mampu mendorong ke semua wilayah dan alasan lainnya sedang menunggu anggaran dari Pemkab Bulukumba.

Sementara itu,Direktur PDAM Bulukumba H.Muh Nur yang dikonfirmasi langsung melalui telpon selulernya menyebutkan, penyebab tidak mengalirnya air bersih selama berhari hari itu karena adanya pohon besar yang tumban di lembah nana yang terletak di Kindang mengakibatkan pipa air ledeng pecah, selain itu memang banyak pipa-pipa yang perlu diganti.

“Saya sering turun langsung ke lokasi bersama karyawan ikut mengontrol pipa-pipa yang diperkirakan macet dan akan mengganti pipa-pipa yang sudah tidak layak dipakai lagi” Sebut H.Nur

Baca Juga : Warga Ela-ela Kekurangan Air Bersih dari PDAM, Ini Solusi Bupati Bulukumba

Lebih lanjut disebutkannya, hasil pantauan ke beberapa lokasi telah disampaikannya juga ke Bupati Bulukumba. Dirinya berupaya air mengalir kembali dari pipa PDAM sebelum memasuki bulan suci Ramadhan dan bahkan akan ada penggantian mesin di Barabba, tutup H.Muh Nur yang sebagai Ketua BAKOMUBIN ( Badan kordinasi Muballigh Ind) kab.Bulukumba. (***Anto/bcht)